Tellu Sulapa Eppa

Yuk Kita Nikmati Spa Tradisional Ala Indonesia Yang Bisa Memanjakan Kulit Tubuh

Posted on

Memanjakan diri menikmati spa dan relaksasi jelas menjadi kegemaran buat mayoritas wanita. Bahkan, kaum lelaki masa kini pun mulai menikmati spa. Bila kamu kenal berbagai spa terkenal dari luar negeri seperti Swedish Spa, Shiatsu, atau Ayurveda, kini saatnya kamu mengetahui lalu mencoba spa tradisional dari nusantara. Apalagi, wisata spa sekarang sudah menjadi satu dari banyak keunggulan didalam pariwisata Indonesia. Bahkan, spa Indonesia diketahui di mancanegara menjadi satu dari banyak yang terbaik. Sayangnya, tidak banyak yang mengenal bahwa beberapa kawasan di Indonesia punya spa tradisionalnya masing-masing. Karakteristik mendasar spa tradisional ini ialah pemakaian bahan-bahan alami dari alam Indonesia yang manfaatnya sudah dikenal turun-temurun. Lalu apa saja spa tradisional Indonesia?

Batengeh, Minangkabau

Satu spa tradisional Indonesia yang sangat terkenal ialah Batengeh alias bertangas berarti mandi uap. Spa satu ini memang berperan membersihkan, merawat lalu mengobati. Jenisnya ada dua, yakni Batengeh Kering dan Basah. Wanita Minang semisal calon pengantin juga ibu-ibu yang baru melahirkan umumnya dirawat dengan spa Batengeh. Disamping itu, orang-orang yang belum lama sembuh dari sakit pun disarankan melakukan Batengeh. Memang spa satu ini berkhasiat tuk menghilangkan aroma anyir dan membalikan fungsi rahim, mengembalikan tubuh segar, dan mengobati beragam penyakit semacam reumatik, sinusitis, penyakit kulit, dan lainnya. Alat serta bahan yang digunakan didalam Batengeh betul-betul alami dan tradisional. Sejumlah alat yang digunakan antara lain periuk tanah, kain sarung, bangku, tungku,tikar pandan, bunga, daun, akar, biji, juga kulit kayu. Sementara, bahan yang digunakan biasanya bagian tumbuhan yang menyimpan minyak astiri, semacam sereh wangi, sirih, gambelu, pandan, usa harum, juga kenanga.

Oukup, Batak Karo, Sumatra Utara

Spa ini memakai beragam jenis tumbuhan berkhasiat, khususnya tuk wanita yang baru saja melahirkan, penderita penyakit gula darah, asam urat, rematik, dan sebagainya. Oukup pun memiliki khasiat membuat segar tubuh yang kelelahan. Efek Oukup diantaranya mengeluarkan angin dari tubuh, melonggarkan pernapasan, membuang racun lewat keringat, meminimalisasi nyeri otot, membalikan kualitas tidur, meremajakan kulit serta menetralisir tensi darah. Rempah-rempah yang dipakai dalam Oukup ialah jahe, kunyit, temu kunci, ketumbar, daun seledri, bunga lawang, kencur, dan masiha ada banyak lagi.

Tangas Betawi, Jakarta

Tangas ialah tradisi Betawi yang mencakup ritual pijat, lulur lalu tangas atau uap. Ritual kecantikan serta kesehatan ala Betawi ini sering dilakukan ketika perempuan hamil, pasca melahirkan dan sebelum menikah. Didalam prosesi Tangas, dilaksanakan Sembe Ta’zim, yakni pemijatan dan peregangan ala suku Betawi. Bahan yang dipakai dalam spa Tangas adalah bahan alami yang kental dalaam unsur budaya, satu diantaranya ialah Bir Pletok.

So’oso, Madura

Spa tradisional dari Madura ini terbukti menambahkan keadaan kesehatan kulit dengan eksfoliasi memakai protein dari telur. Tak heran, sebab dulu kerajaan kuno Madura adalah pusatnya terapi kesehatan & kebugaran. So’oso pun dikenal sebab pijatannya yang lama juga intens, yang berkhasiat membalikan energi fisik serta spiritual. Satu dari banyak yang khas dari So’oso ini ialah Jamu Madura yang diminum selesai proses spa. Jamu Madura sangat terkenal menjadi ramuan pengencang organ intim wanita yang biasa dikonsumsi wanita Madura.

Boreh, Bali

Perawatan ini adalah spa yang tersohor dan sudah dilakukan turun-temurun antar generasi ini memakai bahan-bahan herbal, rempah-rempah juga akar-akar yang dicampur. Bahan-bahan itu kemudian diaplikasikan menggunakan pijatan tradisional tuk menyembuhkan serta menyegarkan tubuh. Orang-orang Bali memakai Boreh sehabis melewati hari-hari kerja keras di sawah, guna menghilangkan pegal-pegal, memicu kelancaran sirkulasi darah juga merilekskan badan. Boreh pun digunakan tuk menyembuhkan rasa sakit kepala, demam, rematik, dan hipertensi dengan kombinasi terapi panas serta penggunaan rempah.

Lulur, Jawa

Jika kamu melawat ke Spa manapun di Indonesia, tentu menemukan menu lulur diantara seluruh perawatan yang ada. Perawatan-perawatan kecantikan yang dulu diberikan kepada putri-putri kerajaan Jawa tersebut memakai perpaduan tepung beras, kencur, serta beberapa rempah-rempah asli dari Indonesia. Lulur menjadikan kulit terasa halus lembut, dan terlihat bercahaya.

Tellu Sulapa Eppa, suku Bugis, Sulawesi

Tellu Sulapa Eppa punya arti hidup didalam harmoni. Sulapa Eppa tersebut adalah 4 elemen alam yakni api, air, angin dan bumi yang memiliki makna filosofis. Bila dijaga keharmonisannya, keempatnya bakal memberikan manfaat yang optimal. Bahan yang digunakan tuk melakukan perawatan ini dinamakan Bedda Lotong, yakni sejenis scrub dari bahan-bahan beras maupun ketan putih tumbuk yang dicampurkan rempah-rempah wangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *