Aturan Tentang (Pemerekan) Branding yang Harus Kamu Tahu

Posted on

Branding tidak melulu mengupas seputar desain logo ataupun unsur-unsur visualnya saja. Namun branding adalah komunikasi yang berkesinambungan serta sistematis, untuk menciptakan persepsi positif di pikiran konsumen kepada produk ataupun perusahaan, secara lebih mendalam. Di dalam branding pun ada peraturan-peraturan yang jangan sampai Kamu langgar, sebab ini bakal berpengaruh kepada citra merek Kamu di masa mendatang. Bila Kamu ingin tahu dengan apa peraturan branding itu?

Pendaftaran Merek

Berikut ini merupakan 10 Aturan Branding yang ditulis oleh Jacky Tai dan Wilson Chew didalam bukunya Transforming Your Business into a Brand dan disimpulkan di dalam buku Brand Management – 13 Strategi Untuk Mengembangkan Merek Anda. https://www.patendo.com/cara-mendaftarkan-merek-baju/

Peraturan Pertama : Persepsi merupakan Kenyataan

Branding mempunyai tempat di pikiran konsumen, bukan di dunia nyata. Apakah yg disebut benar dengan pikiran merupakan kebenaran, dan Kamu tidak bisa membantahnya. Persepsi merupakan Kenyataan. Branding bukan suatu pertarungan untuk memilih siapa yang bisa menciptakan produk yang lebih baik, tetapi branding merupakan pertarungan untuk memilih siapa yang mampu membuat persepsi lebih baik.

Peraturan Kedua : Keberuntungan untuk yang pertama

Menjadi yang pertama lebih baik dibanding menjadi yang lebih baik. Hal ini penting, meskipun bukanlah jaminan kesuksesan. Jadi yang pertama memberi Kamu kesempatan untuk mematangkan merek Kamu dalam pikiran pelanggan sebelum ada pesaing. Bila Kamu tidak mengoptimalkan peluang ini, Kamu bakal kehilangan nilai positif.

Peraturan Ketiga : Buatlah Kategori Baru

Jika Kamu bukanlah merek pertama ataupun kedua di pasaran, masih ada harapan untuk kamu agar jadi yang pertama diingat. Buatlah kategori yang membuat merek Kamu jadi yang pertama di dalamnya. Kamu hanya harus menjualnya dengan agresif, namun merek Kamu bakal berkembang sejalan berkembangnya kategori itu. Kamu bakal dilihat jadi merek juara karena pemasaran yang Kamu lakukan.

Peraturan Keempat : Konsentrasi Kamu

Saat Kamu fokus, merek Kamu jadi kuat. Hal ini terwujud karena didalam pikiran mereka  – orang sekedar mengasosiasikan merk Kamu dengan sebuah hal. Namun kamu musti berkorban untuk melakukannya. Visi untuk jadi yang pertama didalam satu hal menggerakkan merk terfokus. Meskipun begitu, merk terfokus lebih menciptakan lebih banyak uang dalam jangka panjang, daripada merk tidak terfokus.

Peraturan Kelima : Bedakan Atau Jual Murah

Kamu tidak mungkin mendirikan merk kuat tanpa diferensiasi. Bila pelanggan tidak bisa membedakan produk Kamu dari produk kompetitor Kamu, mereka bakal membeli yang harganya lebih murah – yang bisa saja bukanlah produk kamu. Kamu musti bersaing dalam harga bila kamu tidak terdiferensiasi, lalu Kamu bisa saja tidak bisa menjaga keuntungan itu didalam jangka panjang.

Peraturan Keenam : Pergunakan Hubungan Masyarakat (Humas) Untuk Membentuk Merek.

Iklan merupakan apa yang Kamu katakan mengenai diri Kamu, dan Kamu – pastinya – kebanyakannya mengatakan hal-hal baik. Karenanya, iklan mempunyai sangat sedikit kredibilitas. Humas merupakan apa yang media sebutkan mengenai Kamu dan, karena media merupakan pihak ketiga, opini mereka bakal mirip kebenaran. Humas mempunyai kredibilitas yang tidak dipunyai oleh iklan, namun Kamu tetap memerlukan iklan untuk memelihara merk kamu.

Peraturan Ketujuh : Dapatkan Nama Yang Hebat

Bisnis sudah lumayan susah tanpa harus dibebani oleh nama product yang mudah dilupakan. Kamu sudah setengah kalah dengan menentukan nama yang tidak bagus, jadi bekerja keraslah untuk meyakinkan Kamu mempunyai nama merek yang menarik serta mudah diingat. Lagipula, merk Anda sekedar sebuah nama dalam jangka panjang. Ide-ide brilian yang Kamu punya sekarang bisa, dan bakal, ditiru oleh kompetitor Kamu. Namalah yang bakal tersisa untuk membedakan kamu.

Aturan Kedelapan : Terus Konsisten

Tidak ada orang yang senang berada di sekeliling orang memiliki kepribadian banyak sebab mereka kerap dianggap gila. Hal sama berlaku untuk merk gila, sebab itu merk Kamu musti sepenuhnya berperilaku dengan cara konsisten. Bila merk Kamu berubah, pelanggan Kamu bakal bingung dan mulai membelot kepada pesaing kamu.

Peraturan Kesembilan : Carilah Musuh, Bukan Teman

Untuk membuat merek kuat, Kamu harus memebrikan argumen keberadaannya serta membuktikan kepantasannya untuk selalu ada. Karenanya, Kamu harus mencari musuh. Saat Kamu mempunyai musuh yang kuat, merk Kamu memperoleh alasan untuk diterima dunia. Lawan Kamu tidak musti berupa merk lain, tetapi bisa berupa kemacetan, polusi lingkungan, ataupun kemiskinan.

Peraturan Kesepuluh : Tahu Waktu yang pas untuk Launching Merk Kedua

Merk Kamu tidak bisa menajadi wakil semuanya. Dirinya bakal memasuki kategori baru. Ketika waktu itu datang, lebih baik Kamu mengenalkan merk kedua dibanding memperluas merk pertama serta mengaburkan maknanya. Namun, kami sarankan Kamu menjalankan hal ini saat merk pertama Kamu sudah jadi merek juara didalam kategorinya. Jika Anda Ingin Membangun Merek yang Kuat, Maka Patuhilah 10 Aturan Branding Ini Itulah 10 aturan branding yang wajib Anda ketahui. 10 Aturan ini bisa Anda jadikan referensi agar Anda mampu membangun merek yang kuat dan membuat pelanggan loyal dengan merek Anda. Info lengkapnya bisa anda kunjungi tautan ini yang dikelola dengan baik oleh http://www.pendaftaranmerekdagang.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *